Menu DropDown


Kamis, 13 Juni 2013

DEFINISI SOFTSKILL

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya.  Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
 Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri,  dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.

Kemudian yang dimaksud softskill inter personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain. Contohnya,  kita mampu ber hubungan atau ber interaksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok lain, dan lain lain.


Nah, softskill juga harus di iringi dengan hardskill, karena kita hidup tidak boleh hanya mempunyai softskill yang berkualitas saja, tapi hardskill kita perlu diperhatikan. Dengan memiliki hardskill yang baik, kita bisa menjadi manusia yang berkualitas. Misalnya, kita di sekolahkan oleh orang tua kita, kita akan memiliki ilmu pengetahuan, nah ilmu tersebut akan kita gunakan dalam kehidupan kita nanti, oleh karena itu, hardskill dan softskill yang seimbang dapat menumbuhkan jiwa/pribadi yang berkualitas.

Pengertian soft skill menurut beberapa ahli ;
1. Soft skill, menurut survey MRI, merupakan faktor terbesar pemberi konstribusi keberhasilan, yaitu sekitar 40%, selain faktor hard skill (20%), networking (30%) dan finansial (10%).
2. Soft skill keterampilan pribadi, keterampilan emosional, dan keterampilan manajerial. Hal ini berbeda dari kapasitas ilmu keras (Prof. L. David Brown - Harvard University’s Kennedy School of Government).

3. Mereka adalah keterampilan masyarakat, presentasi, keterampilan komunikasi, pemain tim, dan keterbukaan terhadap keragaman budaya. Sifat-sifat pribadi (seperti manajemen waktu, kemampuan kepemimpinan, bisa diandalkan dan jujur​​) semua jatuh di bawah soft skill(Professor Gregory S. Yovanof - Expert at AIT)

Soft skill yang di butuhkan di masa sekarang
Softskill bersifat invisible dan tidak segera.
Contoh softskill adalah : kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah.
Seperti dari pengertiannya maka setiap universitas mengajarkan mahasiswanya untuk memiliki softskill, agar mahasiswa mampu menghadapi dunia nyata, yaitu dunia kerja. Karena mahasiswa yang hanya memiliki hardskill tidak akan bias bersaing dalam dunia kerja karna tidak memiliki kemampuan softskill.
Begitupun sebaliknya, setiap mahasiswa harus memiliki kompetensi yang memenuhi kriteria lulusan yang tepat. Yakni : Kompetensi lulusan yang harus dimiliki didalam menghadapi persaingan di dunia nyata atau dunia kerja saat ini ialah :

1.    komunikasi di depan banyak orang.
2.    Kejujuran
3.    Bertanggung jawab
4.    Jiwa ke pemimpinan
5.    Bekerja dalam tim
6.    Teknologi
7.    Berpikir logis
8.    Berkomunikasi lisan
9.    Bekerja mandiri
10.    Ilmu pengetahuan
11.    Berpikir analitis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar